Senin, 04 April 2011

MENULIS ITU ASIKKKKK

     Andai aku jadi Djayus. Itulah salah satu lagu yang meledak menghebohkan hingga akhirnya bermasalah Kemudian tengok berbagai peristiwa ke . Catatbelakang yang dari kejadian itu maka lahir sebuah lagu. Semua berawal dari menulis. Menulis bisa melahirkan karya-karya yang indah dan berarti untuk pembaca.
     Nah, untuk mengawali menulis dari kegiatan sehari-hari yang sederhana kemudian pengalaman itu ditulis dalam buku harian  .Aku jadi ingat pengalamanku pertama kali menemukan buku harian Nenda anak bungsuku ,dia menulis catatan harian ketika duduk di bangku SMP dengan menggunakan bahasa Inggris. Kewalahan aku tidak bisa memahami semua isinya. Tapi aku bangga dia mau menulis. Selanjutnya diarahkan menjadi reporter pelajar di koran RADAR BOGOR. Dia tambah kreatif selain berita,dia menulis cerpen juga.
Tulisannya belum pernah aku edit,dia menulis diam-diam. Kemudian mengikuti lomba menulis karya tulis aku arahkan ,dia tidak hanya menulis dipadukan dengan fhotografi. Alhamdulllah juara pertama. Semua berawal dari menulis buku harian.
    Nah selanjutnya aku mencoba menulis pengalaman menulis sehingga bisa berkata bahwa menulis itu asik. Catatlah tips di bawah ini :
    l. Niat atau minat bekal utama karena tidak ada yang sukar kalau kita mempunyai minat dan ambisi terus-menerus.
   2. Menulis yang baik itu perlu latihan, disiplin, dan perlu minat yang tidak  kunjung habis.
   3. Ambisi artinya tidak mengenal putus asa dan percaya diri.
   4. Cari kertas, ketik atau nulis. Atau langsung hidupkan komputer dan mulai nulis jika ide sudah ada. Jika belum siap buatkan coret-coret mengenai ide itu/garis besar yang akan dikembangkan nanti. Jika menulis bentuk fiksi  maka akan sampai pada jalan cerita. Kita rangkaikan menjadi sebab akibat sehingga akhirna cerita yang kita buat seru . Lebih heboh lagi   jika diciptakan ledakan cerita sehingga menjadi klimaks.
   5. Mengakhiri plot sama halnya menginjak rem.Sesaat sebelum berhenti atau mendadak secara bersamaan. ini biasana bagaimana pengarang menelesaikan masalah dalam cerita itu setelah masalah memuncak. Apakah tokoh utama dimatikan atau tidak sekaligus mati melainkan melalui tahap-tahap tertentu.
   6. Setelah selesai maka edit tulisan dengan memperhatikan ejaan penggunaan kata penggunaan kalimat
karena pemilihan kata yang tepat merupakan kunci utama. Disamping itu diperhatikan pula kesatuan ide antara judul dan isi nyambung .  Koherensi antara kalimat dan paragraf satu sama lainnya nyambung.
  7. Apabila tulisan berkisar tentang peristiwa dan pengalaman anda maka gunakan berdasarkan urutan waktu dan tempat. Jika peristiwa sebab akibat.
       Jika tulisan sipatnya ilmiah atau bukan fiksi maka lengkapi dengan leteratur purtaka dan internet. Jadi tulisan anda semakin berbobot dan dapat dipertanggungjawabkan.
       Dengan bekal di atas maka anda dapat berkata bahwa menulis itu asik.Selamat mencoba.





  


.
    . 

3 komentar:

  1. Ada kesalahan di paragraf pertama salah ketikentah karena loncat kata.he.he.ang dimakasud

    Itulah salah satu lagu yang meledak menghebohkan hingga akhirnya bermasalah. Kemudian tengok berbagai peristiwa ke belakang.Latar belakang dari kejadian itu maka lahir sebuah lagu.

    BalasHapus
  2. NGANTUUUUUUK.SALAH LAGI KETIK KURANG HURUF.tulisan yang benar :ketik entah dan yang.

    BalasHapus
  3. nuhun bu atas info na ke ku ku abdi di praktekeun

    BalasHapus